Ulasan Tentang NVIDIA Maximus 2nd-Gen

Ulasan Tentang NVIDIA Maximus 2nd-Gen

Teknorus – NVIDIA tak hanya dikenal dengan produk GeForce saja. Beberapa produk NVIDIA lainnya seperti Quadro, Tesla, hingga Tegra kini memiliki seri yang baru Belum lama ini, film Men in Black 3 dirilis di seluruh dunia. Film yang dibintangi oleh Will Smith, Tommy Lee Jones, dan Josh Brolin itu menampilkan beberapa adegan yang menegangkan, salah satunya adalah adegan meluncurnya roket Apollo 11 di Cape Canaveral, Florida, Amerka Serikat. Tahukah Anda bagaimana proses pembuatan efek visual asap tersebut hingga bisa terlihat begitu nyata Kru film Men in Black 3 menggunakan teknologi NVIDIA Maximus untuk dapat me-render gambar dan menghasilkan asap yang realistis. Tak tanggung-tanggung, Sony Pictures Imageworks menggunakan sepuluh workstation berbasis NVIDIA Maximus. Videonya dapat dilihat di youtube.

NVIDIA Maximus Technology

Dahulu, untuk menciptakan efek visual di dalam sebuah video atau film hanya menggunakan sebuah PC dengan graphics card biasa. Hasilnya pun terlihat biasa saja. Seiring berkembangnya industri film, fungsi PC digantikan oleh workstation yang dikhususkan untuk pembuatan animasi 3D. Di dalamnya terdapat prosesor multi-core dan dedicated GPU untuk membuat gambar 3D, salah satunya adalah NVIDIA Quadro. Selain Quadro, NVIDIA juga memiliki line-up graphics card kelas server bernama NVIDIA Tesla. GPU high-end ini diperuntukkan bagi kalangan profesional untuk pembuatan efek visual dalam skala besar.

Tuntutan untuk menciptakan visual yang semakin realistis mendorong NVIDIA untuk menciptakan sebuah teknologi bernama NVIDIA Maximus di tahun 2011 yang menggabungkan penggunaan NVIDIA Quadro dan Tesla secara bersamaan di dalam sebuah sistem dengan menggunakan driver yang sama. Bisa dibayangkan bagaimana kemudahan yang didapat oleh para desainer dan animator ketika menggunakannya dalam menghasilkan karya terbaiknya. Pada bulan Oktober lalu, NVIDIA memperkenalkan teknologi NVIDIA Maximus generasi kedua kepada media di Bangkok,Thailand. Perbedaan Maximus generasi pertama dan kedua ini ada pada chipset GPU yang digunakan. NVIDIA Maximus 2nd-gen menggabungkan GPU terbaru dari NVIDIA, yakni NVIDIA Quadro K5000 dan NVIDIA Tesla K20 untuk menghasilkan performa yang jauh lebih cepat dari Maximus 1st-gen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *