Kumpulan Tips Perawatan Bayi Prematur Di Rumah

Bayi prematur merupakan konndisi bayi yang lahir terlebih dahulu sebelum mencapai 37 minggu. Karena kondisi bayi yang lahir sebelum waktu yang seharusnya membuat bayi prematur tergolong memiliki fisik yang lemah sehingga tak jarang bayi prematur akan lebih mudah jatuh sakit dibanding bayi yang lahir normal. Hal demikian sebenarnya wajar terjadi pada bayi prematur namun agar bayi tidak larut-larut menderita sakit anda sebagai orang tua harus bisa merawat dan menjaganya dengan baik. Berikut beberapa tips perawatan bayi prematur di rumah anda sendiri

  1. Berikan perhatian ekstra

Dalam merawat bayi prematur mungkin akan lebih susah dan merepotkan karena selain mudah mengalami sakit bayi prematur juga akan lebih sering rewel. Oleh karena itu dalam perawatan bayi prematur memerlukan perhatian yang lebih dibandingkan bayi yang lahir secara normal.

  1. Jangan buat bayi prematur terlalu lelah

Tips kedua dalam merawat bayi prematur yaitu jangan sampai membuat bayi prematur terlalu lelah dengan mengajaknya beraktivitas bersama anda seharian. Hal tersebut tidaklah baik, karena bayi prematur yang mengalami kelelahan bisa membuat kesehatannya terganggu hingga pada akhirnya ia akan jatuh sakit.

  1. Jauhkan bayi prematur dari orang yang sedang sakit

Salah satu penyebab orang mengalami sakit yaitu karena tertular orang-orang di sekelilingnya. Nah untuk itu bagi anda yang memiliki bayi prematur sebaiknya menjauhkannya dari bayi anda. bayi prematur di bawah usia 2 tahun masih sangat rentan akan virus dan bakteri penyebab penyakit oleh karena itu anda harus bisa meminimalisir hal tersebut agar bayi anda tidak terus menderita karena terlalu sering jatuh sakit.

  1. Berikan imunisasi dan vaksin secara terjadwal

Imunisasi dan vaksin sebenarnya tak hanya diperlukan oleh bayi prematus saja melainkan juga harus dilakukan oleh semua balita. Balita masih sangat rentan terhadap virus, bakteri dan semacamnya terlebih untuk bayi jenis prematur. Oleh karena itu anda perlu memberikan imunisasi / vaksin terhadap bayi prematur secara rutin dan terjadwal agar bayi prematur tidak mudah sakit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *