Kenali Tipe-tipe Anak Autis

Ragam Jenis Anak Autis

Anak autisme membutuhkan perhatian khusus, sebab anak–anak ini memiliki keperluan yang bertolak belakang dari anak normal. Autism Spectrum Disorder, masyarakat tidak jarang menyebut dengan autisme, adalah gangguan pada pertumbuhan saraf yang dominan pada keterampilan anak dalam urusan perilaku pun untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara sosial.

Sehingga anak dengan autisme ingin tertutup dan tidak cukup suka bergaul dengan orang yang berbeda disekitarnya. Autisme sendiri tak melulu mencakup satu jenis saja sebab kondisi tersebut lumayan luas, dan menurut keterangan dari medis ada lebih dari satu macam.

Autisme Klasik, lazimnya anak yang menderita autisme klasik mempunyai gangguan otak ini terjadi di mana adanya pikiran dan perasaan yang upnormal.

Autisme Asperger, autisme macam ini nyaris sama dengan autisme klasik, namun perbedaan terletak pada keterampilan bahasa. Autisme klasik kesulitan keterampilan bahasa, maka anak autisme sindrom asperger tidak kehilangan keterampilan berbahasa.

Autisme Gangguan Disintegrasi Anak, merupakan gangguan pada pertumbuhan anak yang sebelum usianya 3 tahun gejalanya telah terlihat. Ini terlihat dari keterampilan komunikasi. Kemampuan bahasa dan bicara lamban, bahkan bisa sama sekali tidak menunjukan peningkatan. Anak autis ini tidak mempunyai hasrat untuk mengawali sebuah interaksi dengan orang lain.

Sindroma Rett, gangguan autistik pada anak yang diakibatkan oleh kelainan genetik sampai-sampai perkembangan otak berpengaruh. Secara eksklusif, sindrom ini hanya terjadi khusus pada anak perempuan saja.

Anak-anak pada umumnya suka sekali bermain. Berbagai macam permainan pasti akan dilakukan. Anak autis pun juga ingin melakukan hal yang sama. Mainan untuk anak autis tidak dibatasi, namun harus tetap diperhatikan.

1. Musik, akan digunakan untuk membantu pola pikir dan kosa kata anak autis.

2. Permainan balok, permainan ini untuk membantu anak untuk aktif menyusun sesuatu dan pola pikir terasah dari bagaimana cara anak membuat balok membentuk sebuah hasil yang bagus.

3. Puzzle, permainan ini bisa berguna untuk melatihan anak menyelesaikan masalah. Orangtua bisa menjelaskan bahwa potongan puzzle seperti sebuah permasalahan. Sedikit demi sedikit akan tersusun dan membuahkan hasil.

4. Olahraga, permainan yang bersifat olahraga dapat membuat anak berkeringat dan lebih sehat

5. Buku, buku seperti buku cerita bisa membantu kosa kata anak yang tepat
Umumnya anak autis tidak bermasalah untuk bermain seperti apa.

Orangtua yang bijak tentu akan memilih permainan yang dapat mengasah otak dan mampu membuat mereka saling bersosialisasi dengan orang lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *