Kanker Jantung, Langka Namun Mematikan

Serangan jantung dan gagal jantung sangat umum kita dengar, namun untuk kanker jantung sendiri, jarang terdengar. Organ vital yang satu ini bisa terkena kanker seperti organ lainnya.

KESEHATAN – Kanker jantung biasanya disebut dengan tumor jantung primer. Kanker yang bertumbuh pada pusat tubuh ini jarang sekali ditemukan. Rata-rata penemmuan penyakit ini hanya 1 kali dalam setahun.

Belum pasti penyebabnya, yang pasti tidak jauh dengan kanker pada umumnya. Segala macam kanker bermula dari perubahan sel yang melakukan pembelahan secara abnormal. Maka, dalam jantung, kasus ini pasti termasuk salah satu dari sel jantung.

 

TANDA DAN GEJALA KANKER JANTUNG

Selayaknya kanker lainnya yang memang tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, jika sudah berkembang, gejala yang dirasakan tidak jauh dengan gejala gagal jantung;

  • Penumpukan cairan pada paru-paru.
  • Sesak napas
  • Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki
  • Rasa cemas yanh berlebih
  • Irama jantung tidak teratur.
  • Nyeri dada

GIMANA PENYAKIT INI MUNCUL?

Kanker sendiri ada 2 jenis, yang pertama Kanker Primer dimana kanker berasal dari organ itu sendiri, disini konteksnya pasti dari jantung. Kanker sekunder adalah kanker yang berasal dari organ lain yang menyebar ke jantung. Yang dimaksud kanker sekunder contohnya kanker paru-paru yang abnormal dan berkembang hingga menjalar ke jantung. Kanker lain yang memiliki potensi menyebar ke jantung adalah kanker payudara, kanker ginjal, kanker darah. Mengapa kok dapat menjalar? Karena kanker tersebut dapat ikut mengalir melewati pembuluh darah.

Tumor yang berasal dari jantung sendiri (primer) bersifat jinak, dan tumor ini yang dapat berkembang menjadi kanker janya 25%.

PENGOBATAN KANKER JANTUNG

Pengobatan sendiri dilakukan seperti kanker lainnya, dimana penderita harus mengikuti kemoterapi, radiasi dan terapi. Tujuan utama dari pengobatan ini adalah bagaimana kanker bisa disembuhkan atau paling tidak mengurangi gejala dan sakit yang dirasakan.

Pastinya ada resiko dibaliknya. Ada beberapa penanganan dimana jantung bisa di sembuhkan dan tidak sedikit yang mengalami kerusakan permanen yang sama sekali tidak bisa disembuhkan.

Demikian merupakan beberapa penjelasan mengenai kanker jantung

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *