Cara Manual Mengatasi Mesin Genset yang Mendadak Mati

Cara Manual Mengatasi Mesin Genset yang Mendadak Mati

Eragenset – Saat genset mengalami error atau kerusakan ringan, janganlah Anda langsung membawa genset ke tukang service, karena biaya untuk service genset cukup mahal. Jikalau Anda cukup mengerti mengenai mesin genset tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaiki sendiri gensetnya baru bila tidak kunjung betul juga, Anda bisa membawanya ke tukang service. Berikut ini beberapa cara service genset secara manual yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

Cara Service Genset Ketika Mendadak Mati

Saat mati lampu alih-alih yang dicari adalah lilin dan lampu petromak kini kebanyakan masyarakat khususnya yang tinggal di kota besar cenderung mencari mesin genset untuk dinyalakan, keberadaan genset di rumah tangga bukan lagi menjadi hal yang aneh bahkan sudah termasuk lumrah. Namun bagaimana jika mesin genset Anda tidak mau menyala juga padahal jam mati lampu kabarnya cukup lama. Berikut cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi genset yang mendadak tidak mau menyala.

  • Membersihkan ruang atau body mesin genset dari kotoran dan debu sehingga tidak ada sisa kotoran yang akan mengganggu sirkulasi udara ketika genset coba Anda hidupkan.
  • Membersihkan genset dari oli mesin ketika diketahui merembes keluar
  • Membersihkan air filter atau saringan udara bila dilihat dari segi fisiknya sudah tampak kotor serta berdebu
  • Membuka tutup saringan udara serta membawa saringan udara untuk kemudian disemprotkan dengan memakai angin kompresor. Usahakan untuk tidak berada terlalu dekat ketika menyemprot dan usahakan menyemprotnya dari dalam.
  • Lakukan checking pada kabel power serta kabel control dari kemungkinan adanya kotoran yang tertinggal dan amati juga kencang atau tidaknya kabel karena kabel yang kendor dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, tentunya hal ini adalah hal yang tidak pernah diinginkan oleh seluruh pemilik mesin genset.
  • Membersihkan dan menyemprot kisi-kisi radiator menggunakan kompresor dingin, Anda bisa turut menyiramkan air pada radiator atau cukup dengan semprot memakai angin.

Semua cara di atas bisa Anda coba, bukan? Coba lihat apakah mesin genset yang mati tersebut bisa dihidupkan kembali dan jika benar-benar menyala artinya yang perlu Anda tingkatkan adalah perawatan sehingga mesin genset selalu berada dalam kondisi bersih dan segar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *